Jumat, 08 Maret 2013

CHATTING DAN JEJARING SOSIAL




Chatting merupakan salah satu aplikasi internet yang populer digunakan oleh para pengguna internet.Oleh karena itu ada banyak program chatting,situs pemberi layanan chatting,dan situs jejaring sosial yang dilengkapi dengan fasilitas chatting.
Hal ini membuktikan bahwa chatting merupakan aplikasi internet yang banyak digunakan oleh para pengguna internet.
a.Mengenal Chatting
            Chatting merupakan aplikasi internet yang menggunakan teknologi IRC (Internet Relay Chat),yang dapat diartikan “percakapan” yang dilakukan dengan menggunakan internet.
IRC berbeda dengan e-mail,komunikasi dengan IRC bisa terjadi apabila kedua belah pihak sama-sama terhubung ke internet (online) pada saat yang sama.
Para pelaku chatting disebut Chatter.chatting menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikan karena pengguna dapat berkomunikasi sacera real time.
Untuk dapat melakukan chatting,memerlukan koneksi ke internet ditambah dengan program chatting atau situs yang dilengka[pi oleh fasilitas chatting.
Beberapa program tersebut diantaranya ada mIRC,Yahoo Masanger, eBuddy,Nimbuzz,Migg33,MoveMessenger,dan masil ada banyak lagi.Umumnya aplikasi-aplikasi tersebut dapat di download secara gratis dari situs masing-masing.


1.                  CONTOH SOCIAL MEDIA DI DUNIA PENDIDIKAN
Beberapa tahun terakhir ini begitu banyak Media Social bermunculan yang mulai menarik perhatian masyarakat. Sayangnya masyarakat masih belum mengoptimalkan penggunaan media social ini dengan baik. Malah banyak dampak negatif yang justru semakin menjamur karena penggunaan media social yang kurang bertanggungjawab. Ternyata media social juga dapat membawa dampak positif dalam dunia pendidikan, contohnya beberapa universitas di Amerika telah mengadopsi media social untuk admisi, sumber pembelajaran dikelas, update berita seputar sekolah dan pelajaran dan hal yang lainnya. Beberapa jenis media social yang telah digunakan dalam hal ini antara lain blog, linkdln, facebook message board, twitter dan beberapa situs media social lainnya.
Berikut adalah beberapa hal yang melibatkan penggunaan media social didunia pendidikan, yaitu:
1.      Pendaftaran kursus profesi dengan menggunakan linkedln. Pada dasarnya linkedln adalah salah satu situs pembangunan jaringan maya para professional didunia profesi dan usaha. Namun seiring dnegan perkembangan fitur dan pengoptimalan fungsi situs ini. Situs ini juga dapat digunakan untuk mencari calon tenaga kerja professional dan berbagi informasi seputar dunia profesi dan usaha.
2.      Pengumuman kelas dan update dari pelajaran yang diberikan guru melalui twitter dan facebook. Twitter merupakan salah satu situs microblogging yang hanya dapat menyampaikan pesan dalam 1empat0 karakter sedangkan facebook dapat menampilkan komentar pengguna atupun halaman tertentu. Tak hanya dua media social yang telah disebutkan di awal, Ning juga merupakan media social yang dapat digunakan untuk dunia pendidikan. Situs Ning juga digunakan untuk membantu membangun satu situs komunitas dalam kelas atau topik pembelajaran. Meskipun berbayar namun Ning merupakan salah satu pembangun situs jaringan terlengkap dengan fasilitas upload video, foto, komentar pada Blog dan fitur tambahan seperti live video streaming. Ning juga telah terintegrasi dengan twitter, facebook, dan youtube.
3.      Sumber pengajaran yang dapat dibagikan melalui beberapa Blog seperti Wordpress, Blogspot, Multiply, dan Blog lainnya.
4.      Siswa – siswi menciptakan mascot sekolah dihalaman facebook untuk meningkaatkan semangat mereka.
5.      Beberapa kampus menyediakan tur secara virtual dan video-video yang memperkaya sumber pembelajaran dengan menggunakan Vimeo dan Youtube. Kemudian disebarkan melalui akun facebook, twitter, ataupn blog pengguna.
6.      Pembangunan jaringan alumnus melalui media social seperti mailing list yahoo, google ataupun forum.
7.      Penggunaan situs Quora untuk mendiskusikan bukan hanya pertanyaan teknis dan teori mengenai mata pelajaran mereka, tetapi juga mengenai guru dan pelajaran favorite mereka. Quora adalah salah satu situs yang menghubungkan anggotanya dengan sesuatu yang ingin diketahui melalui pertanyaan, memposting artikel dan berbagi kepada anggota lain tentang artikel tsb. Quora akan menyampaikan pertanyaan yang diajukan anggota kepada orang-orang yang terkait dengan topic yang dicari atau orang-orang yang memiliki kompetensi terhadap pertanyaan tersebut. Dengan fasilitas board, anggota dapat mengumpulkan seluruh artikel dan ide yang dibagi dan seorang anggota dapat mengikuti board dari anggota lainnya. Anggota juga dapat menambahkan anggota lain sebagai kontributor dari boardnya.
8.      Penjadwalan pertemuan siswa atau guru melalui situs Grubwithus atau yang lebih  Sering dikenal sebagai social dinning network.
9.      Foursquare dapat digunakan untuk mengetahui letak kampus dan beberapa lokasi strategis disekitar kampus. Foursquare yang merupakan jejaring social berbasis lokasi ini memang kebanyakan digunakan dengan perangkat mobile seperti telepon pintar. Penggunaan teknologi GPS dari telepon pintar pengguna akan mengambil data lokasi yang dikirim oleh pengguna tersebut.
Memang masih banyak hal lain didunia pendidikan yang dapat memanfaatkan media social sebagai salah satu alat pendukungnya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media social di dunia pendidikan yaitu penggunaan media social harus disertasi dengan tanggungjawab yang benar dalam memberi informasi benar dan sesuai dengan etika. Begitu pula pemanfaatan fitur-fitur dari media social yang optimal dapat mendukung hasil yang optimal pula.
Sosial media jadi sarana baru untuk berkomunikasi sesama manusia, gejala ini sudah mendunia sejak beberapa tahun yang lalu. Sosial media digunakan secara online dengan para penggunannya, secara mudah terhubung antara satu dengan lainnya, saling berbagi dan berpartisipasi. Sosial Media terbagi dalam berbagai bentuk media seperti blog, jejaring sosial, forum dan dunia maya lainnya. Jejaring sosial termasuk yang paling sering digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar